Sumbu Panguripan
Adalah sekolah yang berupaya untuk mewujudkan pendidikan yang kontekstual berkaitan erat dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat dengan memegang teguh nilai-nilai kemanusiaan. Materi, model dan metode pembelajarannya disusun secara partisipatif berdasarkan kebutuhan pelajar dan masyarakat. Sekolah ini berlokasi di Dusun Wintaos Desa Girimulyo Kecamatan Panggang Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Pohon Pisang dan Pohon Jati

Ditulis oleh: Tri Wahyuni

Pohon yang paling banyak di kebunku adalah pohon pisang, karena pohon pisang bisa dijual. Tetapi, yang dijual buah pisangnya, makanya dikebun saya banyak pohon pisang.

Bapak saya juga suka menanam pohon pisang, karena banyak manfaatnya seperti:
 Bisa dijual
 Bisa dimakan, tetapi buahnya saja yang dimakan (yang matang)
Pohon jati juga banyak dijual karena pohon jati juga banyak manfaatnya, seperti:
 Dibuat bangunan
 Dibuat kerajinan
 Dibuat kursi, meja
Makanya, dari itu pohon Jati banyak yang membeli.

Biasanya, pohon jati dijual dalam bentuk semacam kursi, meja, almari, dan juga pohon yang masih utuh. Dan yang membuat kerajinan adalah Bpk Suratin.

Pohon jati biasanya dijual ke mana saja yang mau pesan, biasanya dijual pada tukang kayu. Tetapi saya gak tahu harganya, karena orang tua saya gak memberi tahu berapa harganya.

Pohon jati bisa dijual kapan saja. Tiap hari juga bisa, tetapi kalau pohon jatinya dijual terus-menerus, bisa-bisa pohon jati bisa punah. Dan hutan kita bisa gundul. Bisa-bisa jadsi banjir dan tanah longsor. Jadi pohon jati banyak manfaatnya.
0 komentar:

Posting Komentar

Donasi

Kebaikan hati anda sangat membantu secercah senyum harapan bagi anak-anak Sumbu untuk mendapatkan pendidikan yang semestinya. salurkan bantuan, zakat, shodaqoh, infak dan amal kebaikan anda ke Rekening Sekolah Sumbu Panguripan : BNI KC Yogyakarta no rek. 0168778285 atas nama Thufail AM M. Hum - SSP. Keikhlasan hati anda sangat berarti bagi anak-anak Sumbu. semoga Tuhan membalas semua amal kebaikan anda. Terima kasih

pesan anda


ShoutMix chat widget

FILM

  • kungfu panda
  • laskar pelangi